Myblodentity

Tempat corat-coret pikiran dan perasaanku....

Scrapbooking .....(Pengantar)

Scrapbooking adalah seni menata letak foto menjadi lebih menarik selain fungsi utamanya untuk mengabadikan kenangan yang terdapat dalam foto tersebut.

Dalam era digital, umumnya orang enggan untuk mencetak hasil fotonya. Banyak software yang menyediakan template-template cantik, semakin membuat orang malas untuk mencetak hasil fotonya. Berbagai alasan dikemukakan, dari hemat tempat penyimpanan, tidak perlu buang ongkos cetak, hingga tidak ada waktu untuk menata dalam album. Tapi satu hal harus diingat, bila sewaktu-waktu soft copy foto hilang/rusak, otomatis foto juga tidak akan dapat dilihat kembali. Karena itu alangkah baiknya bila kita menyelamatkan Warisan Tak Ternilai ini sebelum terjadi sesuatu yang dapat kita sesali kemudian hari.


Jaman dulu, mungkin ortu atau nenek/kakek kita mengatur layout foto dengan sangat sederhana. Scrapbooking membuat setiap halaman yang berisi foto menjadi suatu karya seni sehingga setiap orang yang melihat foto-foto tersebut tidak akan bosan memandang layout
yang telah tertata cantik. Scrapbooking juga akan membantu mengatasi kekurangan dalam foto misalnya dengan teknik crop.

Scrapbooking telah menjadi salah satu hobby saya. Cuma sayangnya barang-barang untuk keperluan ini "cukup mahal" menurut kantong saya. Terlebih lagi cukup sulit untuk memperolehnya di sini.

Tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa postingan. Happy Scrapbooking...

0 comments:

Post a Comment

Silakan menuliskan komentar, sorry komentar berbau SARA dan spam akan saya delete. Tq.